Indibiz Karena Itu anak usaha Telkom yang Berorientasi Di Pelaku Ekonomi Kecil yang sudah digital. Foto: Di
Indibiz sendiri merupakan ekosistem solusi digital dunia usaha milik Telkom Indonesia. Mereka Memiliki ekosistem Usaha yang disebut “Island”, Di lain island Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, Indibiz Multifinance, Indibiz Health, Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi.
Indibiz mengklaim mampu menghasilkan Perkembangan revenue Di segmen SME Telkom 17% YoY. HUT Telkom Hingga-59 juta bertepatan Di 1 tahun berdirinya Indibiz.
Mereka memang tidak menyebut angka spesifik Yang Berhubungan Di pendapatan. Tapi, diklaim sudah memberi kontribusi signifikan Di pendapatan Telkom. “Kontribusi terbesar berasal Untuk segmen B2B, khususnya pelaku Pelaku Ekonomi Kecil Di Lokasi,” tulis keterangan resmi mereka.
Meski, Indibiz sendiri tidak hanya Berorientasi Di Pelaku Ekonomi Kecil. Mereka juga menjalin kerja sama strategis Di berbagai institusi. Misalnya kolaborasi Di lembaga keuangan Bagi solusi pembiayaan, serta kerja sama Di komunitas dunia usaha Bagi Memperbaiki produktivitas Usaha.
Mereka juga bekerja sama Di institusi Pembelajaran Bagi mendigitalisasi proses pembelajaran dan administrasi. Di tahun kedua, mereka menargetkan pendapatan terus Menimbulkan Kekhawatiran. Termasuk bermitra Di berbagai perusahaan seperti Moka, Microsoft, dan Google.
Kesadaran Digital Pelaku Ekonomi Kecil Lebihterus Tinggi
Optimisme Indibiz melihat Untuk jumlah UKM Di Indonesia yang melonjak Untuk tahun Hingga tahun. Diketahui, hingga akhir 2023 jumlah total Pelaku Ekonomi Kecil Di Indonesia diperkirakan mencapai Disekitar 65 juta unit.
Pelaku Ekonomi Kecil Memiliki peran penting Untuk perekonomian Indonesia, menyerap Disekitar 97 persen tenaga kerja dan menyumbang 61 persen Di Produk Domestik Bruto (PDB).
Untuk tahun Hingga tahun, kesadaran para pengusaha Bagi beralih Hingga digital pun Lebihterus Menimbulkan Kekhawatiran. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat hingga akhir 2023, Disekitar 30% Untuk total UKM Di Indonesia telah melakukan Transformasi Digital.
Ini Menunjukkan peningkatan signifikan dibanding tahun-tahun Sebelumnya. Justru Badan Pusat Statistik (BPS) Untuk laporan terbarunya Menunjukkan bahwa UKM yang telah terhubung Di Media Online Merasakan peningkatan pendapatan 26% dibanding Di UKM yang belum melakukan Transformasi Digital.
Hingga kini, Indibiz mengklaim telah melayani ribuan pelanggan Untuk berbagai sektor, termasuk Pembelajaran, Kesejajaran, Hotel, dan Peritel.
Di Itu, Indibiz juga telah menjalin kemitraan Di berbagai Mula dan pengembang Keahlian Bagi memperkuat ekosistemdigitalnya.
(dan)
Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Setahun Beroperasi, Indibiz Bidik Pelaku Ekonomi Kecil yang Memiliki Kesadaran Digital Tinggi