Wisata  

Studi Terbaru Sebut Atlantis Ada Hingga Lautan Spanyol



Jakarta

Legenda Atlantis telah lama menjadi teka-teki dunia. Kini, menurut studi terbaru, benua ‘Atlantis’ dikabarkan ditemukan Hingga Untuk laut Spanyol.

Sebuah studi terbaru menduga awal mula legenda Atlantis Yang Terkait Di Di pulau-pulau dan gunung api yang tenggelam Hingga samudra jutaan tahun lalu.

Hal itu disimpulkan Sesudah para peneliti Hingga Spanyol menemukan pulau-pulau yang hilang lantaran tenggelam Hingga Untuk lautan jutaan tahun yang lalu, Di beberapa Hingga antaranya masih Memperoleh pantai yang utuh.


“Ini bisa Di Sebab Itu merupakan asal mula legenda Atlantis,” kata Luis Somoza, kepala proyek Untuk mempelajari Kegiatan vulkanik Hingga lepas pantai Kepulauan Canary, dikutip Untuk LiveScience.

Skuat ini menemukan pulau-pulau tersebut berada Hingga atas sebuah gunung bawah laut, yang terdiri Untuk tiga gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi dan berdiameter Disekitar 50 kilometer. Pulau-pulau ini Memperoleh dasar Di jarak Disekitar 2,3 kilometer Hingga bawah permukaan laut.

Para ilmuwan menjuluki gunung berapi yang Terbaru ditemukan ini sebagai Gunung Los Atlantes, yang diambil Untuk kisah dongeng Plato. Kisah tersebut menceritakan para dewa menceburkan diri Hingga Untuk lautan sebagai hukuman atas ketidaksopanan warganya.

“Mereka adalah pulau-pulau Hingga masa lalu dan mereka telah tenggelam, mereka masih tenggelam, seperti yang diceritakan Di legenda Atlantis,” kata Somoza yang merupakan seorang ahli geologi Untuk Institut Geologi dan Pertambangan Spanyol (IGME-CSIC).

Para ilmuwan menemukan Gunung Los Atlantes ketika menjelajahi dasar laut Hingga lepas pantai timur Lanzarote, yang terletak Hingga Dibagian timur Kepulauan Canary, Di menggunakan kendaraan yang dioperasikan Untuk jarak jauh (ROV) Hingga kedalaman Di 100 hingga 2.500 meter.

Penyelaman ini merupakan Dibagian Untuk proyek Atlantis IGME-CSIC, yang bertujuan Untuk lebih memahami Kegiatan vulkanik dan hidrotermal bawah laut Hingga Daerah tersebut.

Los Atlantes Akansegera menjadi serangkaian pulau Pada zaman Eosen (56 juta hingga 34 juta tahun yang lalu). Sesudah gunung berapi berhenti meletus, lava membeku dan menjadi lebih padat, menyebabkan pulau-pulau tersebut tenggelam Hingga Untuk lautan.

Tetapi, beberapa fitur Untuk pulau-pulau yang hilang ini tampak masih terlihat.

“Kami telah mengidentifikasi pantai, tebing, dan bukit pasir Hingga puncak gunung berapi yang datar,” kata Somoza, seraya menambahkan bahwa pasir yang sekarang menutupi batuan vulkanik pasti diendapkan Di pulau-pulau itu masih tenggelam secara aktif.

Beberapa pantai Justru disebut berada hanya 60 meter Hingga bawah permukaan laut. Pada zaman es terakhir, ketika permukaan air laut jauh lebih rendah daripada Di ini, gunung berapi yang tidak aktif tersebut menjadi pulau-pulau lagi.

“Pulau-pulau ini Lalu dapat digunakan Untuk tempat tinggal satwa liar,” kata Somoza.

Ketika permukaan air laut naik seiring Di berakhirnya zaman es, pulau-pulau itu tenggelam lagi. Somoza mengatakan Skuat peneliti sekarang Akansegera Meneliti sampel yang dikumpulkan Untuk Los Atlantes Untuk menentukan usia batuan vulkanik dan menentukan kapan pulau-pulau itu mulai tenggelam.

Mereka juga berencana Untuk kembali Hingga gunung berapi bawah laut Hingga Kepulauan Canary Untuk ekspedisi tahun Didepan.

Berikut berita terpopuler detikTravel, Jumat (17/8/2024):

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Studi Terbaru Sebut Atlantis Ada Hingga Lautan Spanyol