Cara Mengatasi Mimisan Di Anak, Orang Tua Harus Tahu!

Mimisan merupakan salah satu Tanda-Tanda gangguan Kesejaganan yang sering dikeluhkan orang tua yang Memperoleh anak berusia 2 hingga 10 tahun. Foto/Shutterstock

JAKARTA – Mimisan merupakan salah satu Tanda-Tanda gangguan Kesejaganan yang sering dikeluhkan orang tua yang Memperoleh anak berusia 2 hingga 10 tahun. Mimisan berarti keluarnya darah Di hidung, dan merupakan salah satu gangguan perdarahan Di anak.

Umumnya, mimisan terjadi secara spontan dan dapat berhenti Didalam sendiri. Mimisan jarang menyebabkan hal yang serius, Tetapi sering menyebabkan ketakutan dan kekhawatiran orang tua maupun anak yang mengalaminya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi mimisan Di anak?

Praktisi Medis Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan – Kepala Leher dr. Tri Hedianto, Sp.THT-BKL menjelaskan, ketika mendapati anak yang mimisan, sebaiknya orang tua tidak perlu panik. Lalu segera jepit cuping hidung Pada dua menit.

“Didalam jepit cuping hidung ini diharapkan Pada dua menit itu terjadi pembekuan darah,” ujar dr. Tri, dikutip Di postingannya Hingga akun TikTok @doktertht, Senin (9/9/2024).

Praktisi Medis Tri menambahkan, alasan jepit cuping hidung Lantaran pendarahan paling banyak terjadi Hingga sepertiga Dibagian Di hidung, yakni Hingga plexus klesselbach.

“Hingga plexus klesselbach ada pembuluh darah yang cabangnya Di jantung,” kata dia.

Untuk posisinya sendiri, dr. Tri menyarankan anak diposisikan menunduk dan tidak boleh menengadah Lantaran dikhawatirkan Akansegera tersedak.

“Kalau punya es batu, boleh kompres tulang hidungnya atau mengulum es batu Untuk membantu mengecilkan pembuluh darah Pada mimisan,” sarannya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Cara Mengatasi Mimisan Di Anak, Orang Tua Harus Tahu!