Antusias Ibu-ibu Temanggung Pasang KB Gratis, Implan Banyak Diminati


Temanggung

Puluhan ibu Di Desa Gandon, Kabupaten Temanggung, Jawa Di terlihat antusias mengikuti Langkah pemasangan KB implant dan intra uterine device (IUD). Langkah ini diadakan Dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berkolaborasi Di TNI AD.

Langkah ini dilaksanakan BKKBN dan TNI AD Sebagai memperingati Hari Kontrasepsi sedunia 2024.

Saling banyaknya peminat, Kepala Bidang P3AKB (Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana) Kabupaten Temanggung Tri Agus Sutopo mengatakan pihaknya tidak bisa Menyaksikan semua ibu-ibu yang ingin Menyaksikan KB.


“Antusiasme warga Untuk kegiatan ini sangat tinggi. Hanya saja kami tidak bisa melayani semua Lantaran adanya keterbatasan waktu dan tempat,” ujar Tri Agus kepada detikcom Di Desa Gandon, Kabupaten Temanggung, Kamis (26/9/2024).

“Hari ini saja kami sudah melayani 60 orang. Kami sudah melayani ini sudah dua hari lalu, ya totalnya Mungkin Saja 150 lebih,” lanjut dia.

Di kegiatan ini Kelompok bisa memilih Sebagai Menyaksikan KB implan atau IUD. KB implant efektif sampai Di tiga tahun, sedangkan IUD bisa sampai 5 hingga 8 tahun.

“Yang pasti (pendaftar) Di bawah 49 tahun Lantaran kan masih usia subur. Rata-rata 30 sampai 40 tahun,” katanya.

Lilis (36) yang sudah dua kali menjalani pemasangan KB implant mengatakan tidak ada efek Di ketika alat kontrasepsi tersebut dipasangkan Di bawah kulit lengannya.

“Nggak ada (efek Di), biasa saja. Paling nanti kemeng (linu atau pegal) Sesudah habis biusnya,” ujar Lilis.

Lilis yang sudah Memperoleh dua anak berusia 18 tahun dan 9 tahun mengatakan pemasangan KB ini sebagai upaya agar dia tidak ‘kecolongan’.

“Biar nggak repot mas, suami juga udah nggak mau (punya anak),” katanya sambil sedikit tertawa.

Sambil Itu, Anik (30) mengatakan keputusannya memilih KB implant tersebut dibanding jenis lain Lantaran dirinya menganggap minim rasa sakit. Samping Itu, Anik juga ingin menjaga jarak kelahiran buah hatinya.

“Mutakhir (melahirkan), anak saya masih empat bulan. Milih KB implant Lantaran katanga nggak sakit. Udah disosialisasi juga Sebelumnya,” tutupnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Antusias Ibu-ibu Temanggung Pasang KB Gratis, Implan Banyak Diminati