Seluruh Kendaraan Bermotor Roda Dua dan Kendaraan Pribadi Di Indonesia wajib Memiliki asuransi third party liability (TPL) Di awal 2025. Pengamat menerangkan, Keputusan ini bakal disambut skeptis Sebab menambah beban Kelompok. Foto/Dok
Pengamat asuransi, Irvan Rahardjo menilai Keputusan ini dapat menimbulkan keraguan alias skeptis Di kalangan Kelompok apabila tidak disertai Pelatihan yang masif.
“Pemilik kendaraan Akansegera menyambut Bersama skeptis Sebab Akansegera menambah beban pengeluaran Kelompok yang Sebelumnya Itu sudah Di didera Bersama Topik kenaikan Pph Iuran TAPER A, standardisasi BPJS dan lain-lain,” kata Irvan, Rabu (17/7/2024).
Sosialisasi dan Pelatihan yang masif, terang Irvan, menjadi sangat penting lantaran daya beli Kelompok yang Lagi menurun Supaya dikhawatirkan Akansegera menambah ongkos kendaraan bermotor.“Perlu sosialisasi, mengingat Situasi Kelompok Ditengah Merasakan penurunan daya beli dibuktikan Bersama rendahnya tingkat penjualan Kendaraan Pribadi dan konsumsi Di umumnya,” jelasnya.
TPL merupakan produk asuransi yang Memberi ganti rugi Bagi pihak ketiga yang secara langsung disebabkan Bersama kendaraan bermotor yang dipertanggungkan sebagai akibat risiko yang dijamin Untuk polis.
Irvan menyebut Inisiatif ini Berpeluang memacu inklusi asuransi Di kalangan Kelompok, mengingat besaran Pertumbuhan kendaraan bermotor Di tanah air. “Kewajiban ini bagus bila didukung ekosistem regulasi yang baik Bersama regulator dan market conduct yang baik Bersama pelaku asuransi,” terangnya.
Sebelumnya Itu, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono mengatakan, terdapat perubahan sifat asuransi itu Bersama yang Sebelumnya Itu sukarela menjadi wajib menyusul payung hukum Undang-Undang PPSK.
“Di Undang-Undang Pembaruan dan Penguatan Sektor Keuangan (Undang-Undang P2SK) juga sudah diatur bahwa asuransi kendaraan bisa menjadi bersifat wajib Bagi seluruh pemilik kendaraan bermotor, sekarang Lagi disiapkan aturan turunannya Bersama pemerintah,” kata Ogi Untuk Insurance Forum 2024.
Auransi wajib inI sifatnya gotong royong, Supaya bisa menekan kerugian manakala terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan banyak pihak. Bagi harganya, Ogi pun meyakini bahwa harga premi yang dikenakan Akansegera lebih murah dibandingkan harga sukarela Pada ini.
“Ini harganya nanti Akansegera sangat tergantung Bersama jumlah peserta, makin banyak (peserta) yang ikut asuransi wajibnya, tentunya premi yang harus dibayarkan menjadi lebih murah,” tandasnya.
Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kendaraan Pribadi dan Kendaraan Bermotor Roda Dua Wajib Asuransi Mulai Tahun Di, Pengamat: Tambah Beban Sesudah Tapera