Pembantu Pemimpin Negara Perdagangan Budi Santoso membuka Pekan Pembaruan Produk Ekspor Ke Selasa, (3/12/2024) Hingga Surabaya, Jawa Timur.
“Pekan Pembaruan Produk Ekspor merupakan bentuk komitmen pemerintah Sebagai terus memperkuat daya saing Usaha Mikro Kecil agar lebih mudah merambah dan memperluas jangkauan Hingga pasar Dunia. Hingga Di Itu, Kegiatan ini merupakan upaya aktif Kemendag Untuk mendukung dan Mendorong pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil, Sebagai menjadi eksportir tangguh yang siap Berjuang Didalam tantangan Dunia,” ujar Mendag Budi.
Mendag Budi berharap kegiatan ini menjadi langkah awal yang efektif Untuk Memperkenalkan lebih banyak produk Indonesia Hingga pasar internasional. Menurut Mendag Budi, Pekan Pembaruan Produk Ekspor juga bermanfaat membuka akses informasi Yang Berhubungan Didalam pasar Produk Ekspor. Manfaat ini perlu dimaksimalkan para pelaku usaha, termasuk Usaha Mikro Kecil, sebagai Dibagian Didalam upaya Mendorong implementasi Inisiatif Usaha Mikro Kecil BISA Produk Ekspor.
“Kemendag Lewat Inisiatif Usaha Mikro Kecil BISA Produk Ekspor Mendorong transformasi Usaha Mikro Kecil menjadi pelaku Produk Ekspor yang andal. Inisiatif ini dirancang Sebagai membantu Usaha Mikro Kecil mengatasi hambatan Produk Ekspor, memahami pasar Dunia, dan memanfaatkan Kemungkinan Perdagangan Global. Kemendag siap menjadi mitra strategis Usaha Mikro Kecil Sebagai berkolaborasi mendukung ekosistem Usaha Didalam menciptakan lingkungan usaha yang mendukung usaha Usaha Mikro Kecil,” tutur Mendag Budi.
Pekan Pembaruan Produk Ekspor diisi serangkaian kegiatan, Hingga antaranya forum dialog yang mengusung transformasi Usaha Mikro Kecil Lewat kolaborasi dan Pembaharuan Didalam pemerintah; penandatanganan kerja sama pembinaan pelaku usaha berorientasi Produk Ekspor Didalam Bank Jatim; seminar Kemungkinan Produk Ekspor produk fesyen, aksesori, Agrikultur, dan hortikultura; konsultasi dan adaptasi produk Usaha Mikro Kecil yang difasilitasi Export Center Surabaya; pelepasan Produk Ekspor; serta penjajakan Usaha (business matching) Di pelaku usaha Indonesia dan perwakilan perdagangan Hingga Jepang serta Uni Emirat Arab (UEA).
Direktur Jenderal Pembaruan Produk Ekspor Nasional Kemendag Mardyana Listyowati melihat Pekan Pembaruan Produk Ekspor sebagai upaya peningkatan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil, daya saing produk, sekaligus penyediaan sarana Untuk Usaha Mikro Kecil.
“Pekan Pembaruan Produk Ekspor ini kami harap tidak hanya mendukung Kemajuan Usaha Usaha Mikro Kecil Lewat peningkatan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan peningkatan daya saing produk, Tetapi sekaligus penyediaan sarana Untuk Usaha Mikro Kecil Untuk mengakses pasar yang lebih luas,” kata Mardyana.
Mardyana mengajak semua pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil, Sebagai menjadikan Pekan Pembaruan Produk Ekspor sebagai momentum Untuk Usaha Mikro Kecil Indonesia Sebagai bertransformasi menjadi pelaku Produk Ekspor yang andal.
“Lewat berbagai kegiatan yang diselenggarakan, seperti business matchingdan konsultasi produk, saya optimistis Usaha Mikro Kecil kita Berencana Lebihterus siap memenuhi Permintaan pasar Dunia. Bersama, mari kita wujudkan produk-produk Indonesia yang mampu menjadi kebanggaan Hingga dunia,” tutur Mardyana.
Turut hadir Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Iwan, Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman. Turut mendampingi Mendag Budiantara lain Dirjen PEN Mardyana, Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Putu Jayan Danuputra.
Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Dorong Usaha Mikro Kecil Bisa Produk Ekspor, Kemendag Gelar Pekan Pembaruan Produk Ekspor Hingga Jatim