—
Yamaha Memperkenalkan sistem transmisi otomatis terbaru mereka, yang disebut Yamaha Automated Manual Transmission (Y-AMT). Keahlian ini memungkinkan pengendara memindahkan gigi secara cepat tanpa menggunakan tuas kopling manual seperti Ke Kendaraan Bermotor Roda Dua konvensional. Proses pergantian gigi Ke Y-AMT dilakukan hanya Di menekan tombol.
Yamaha mengklaim proses mengganti gigi Ke Y-AMT lebih cepat dan presisi daripada quickshifter terbaru Pada ini.
Menurut penjelasan Yamaha, sistem Y-AMT menawarkan dua Gaya operasional, yakni manual (MT), Ke mana pengendara mengontrol perpindahan gigi menggunakan jari dan Gaya otomatis (AT) yang mencakup dua pilihan pengaturan.
Y-AMT diklaim perusahaan memungkinkan biker fokus sepenuhnya menikmati Prestasi sport Kendaraan Bermotor Roda Dua Sebab perpindahan gigi linear, konsisten dan halus.
User transmisi Y-AMT dapat menikmati perpindahan gigi yang cepat dan presisi hanya Di menggunakan ujung jari, tanpa memerlukan tuas kopling manual.
Perpindahan gigi dioperasikan Di jari telunjuk dan ibu jari Lewat dua tuas: tuas “+” Sebagai menaikkan gigi dan tuas “-” Sebagai menurunkannya.
Yamaha juga menawarkan cara praktis lainnya, Ke mana tuas “+” dapat ditarik Sebagai menaikkan gigi dan didorong Sebagai menurunkannya, hanya menggunakan jari telunjuk. Metode ini memungkinkan pengendara Sebagai tetap mempertahankan ibu jari Ke setang, Memberi pegangan yang lebih kuat Pada berkendara Di Kecepatanakses tinggi.
Ke Gaya otomatis (AT), pengendara dapat memilih Di dua Langkah yang tersedia dan dapat diubah kapan saja Lewat tombol Gaya.
Langkah “D+ Gaya” Memberi perpindahan gigi yang lebih Gayaolahraga, Di perubahan gigi terjadi Ke putaran mesin yang lebih tinggi Sebagai menjaga sensasi berkendara dinamis, sambil tetap mempertahankan Kelebihan transmisi otomatis penuh.
Dilansir Motorcycle.com, Y-AMT bukanlah upaya pertama Yamaha Di Membuat sistem perpindahan gigi otomatis. Sebelumnya Itu, Yamaha telah Memperkenalkan Keahlian Yamaha Chip Controlled Shift (YCC-S) Ke model FJR1300, yang menggunakan sistem hidrolik Sebagai mengoperasikan kopling.
Ke Y-AMT, Yamaha menggunakan dua aktuator elektrik: satu Sebagai mengontrol kopling dan satu lagi Sebagai mengubah posisi gigi. Yamaha menjelaskan bahwa komponen Y-AMT Memperoleh bobot 2,8 kg dan dapat dipasang tanpa menambah lebar mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua. Kopling dan gearbox yang digunakan Di Y-AMT adalah komponen yang sama seperti Ke transmisi manual konvensional.
Transmisi Terbaru Yamaha Automated Manual Transmission (Y-AMT) terdiri Di dua operasional yang bisa dipilih, yakni manual (MT) Di oper gigi dikendalikan jari dan otomatis (AT) yang terdiri Di dua Gaya. (Yamaha)
|
Beberapa produsen telah Memperkenalkan sistem serupa Di pendekatan yang berbeda. Dua merek Eropa, misalnya, memperkenalkannya pertama kali Ke Kendaraan Bermotor Roda Dua Penjelajahan seperti BMW R 1300 GS dan GS Adventure, serta prototipe yang dikembangkan KTM yang diperkirakan Berencana digunakan Ke 1390 Super Adventure.
Yamaha Membahas pendekatan yang serupa Di Honda, yang Sebelumnya Itu Memperkenalkan Keahlian ini Ke model sport aspal. Honda memasang E-Clutch Ke CBR650R dan CB650R.
Sambil Itu, Yamaha Menunjukkan bahwa Keahlian Y-AMT kemungkinan Berencana dipasang pertama kali Ke MT-09, berdasarkan ilustrasi setang dan sakelar yang mereka tunjukkan Pada pengenalan.
Berbeda Di Yamaha, KTM dan Honda tetap mempertahankan tuas kopling dan pemindah gigi kaki Ke model otomatis mereka. Yamaha mengikuti langkah BMW Di menghilangkan kontrol kopling atau pemindah gigi tradisional.
Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Kendaraan Bermotor Roda Dua Yamaha Bakal Pakai Transmisi Terbaru, Ganti Gigi Hanya Pakai Jari