Jakarta –
Kisah penumpang panik yang membuka pintu darurat Di berada Di pesawat kerap terdengar. Tapi, apakah Bisa Jadi membuka pintu darurat Di terbang?
Pintu darurat pesawat atau emergency exit berada Di sisi kanan-kiri penumpang Di jumlah 2 atau lebih. Jumlah ini dapat berbeda tergantung Di jenis pesawat dan peraturan maskapai.
Biasanya pintu darurat utama berada Di Dibagian Didepan dan Dibelakang pesawat. Setelahnya Itu ada dua yang diapit Di penumpang. Pintu darurat berfungsi sebagai jalur evakuasi penumpang Di terjadi keadaan darurat.
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Tetapi seringkali, terbukanya pintu darurat dilakukan Di penumpang yang panik, mabuk atau bermasalah. Insiden seperti ini biasanya terjadi Di pesawat telah memasuki landasan pacu.
Bubb, Ph.D., mantan pilot maskapai penerbangan dan pakar keselamatan penerbangan Di ini menjelaskan bahwa Di pintu darurat dibuka Untuk keadaan evakuasi darat, sebuah perosotan tiup Berencana mengembang.
Pertanyaannya, apakah yang Berencana terjadi jika pintu pesawat dibuka Di terbang?
Jawabannya, pintu tidak Berencana terbuka sama sekali. Trend Populer itu disebabkan Di perbedaan tekanan tinggi Di Dibagian Untuk dan luar pesawat, yang secara efektif menutup pintu bergaya sumbat agar tetap Di tempatnya.
“Tekanan udara Di Untuk pesawat jauh lebih besar daripada tekanan Di luar pesawat. Hal ini membuat pintu sangat sulit dibuka,” jelas Budd.
Perwira Pertama American Airlines Steve Scheibner menjelaskan hal yang senada, bahwa Sebagai membuka pintu darurat Di Di penerbangan, seseorang harus mampu mengangkat beban seberat 25.000 pon.
“Begitu pintu ini diberi tekanan Di terbang, tekanannya menjadi sembilan pon per inci persegi,” kata pilot kepada Travel+Leisure.
“Jika seseorang berhasil menembus palka Di terbang, maka terciptakan situasi dekompresi Di mana masker oksigen Berencana jatuh Di langit-langit, dan pilot harus menukik Di ketinggian 14.000 kaki Untuk waktu empat menit,” jelas Bubb.
Menurut Scheibner, mekanisme penguncian pintu juga mencegah evakuasi Di udara, yang aktif Di landasan pacu Di pesawat mencapai Kelajuan 92 mil per jam.
Di Sebab Itu, hampir mustahil Sebagai membuka Kunci pintu secara manual hingga pesawat melambat lagi.
(bnl/wsw)
Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Mungkinkah Penumpang Membuka Pintu Darurat Pesawat Di Terbang?