Bandara VVIP IKN belum bisa digunakan Sebagai mendarat pesawat Sebab konstruksi hingga Pada ini belum rampung. FOTO/dok.SINDOnews
Akan Tetapi, pihaknya optimistis bandara VVIP IKN bisa digunakan secara fungsional Ke 17 Agustus 2024 mendatang. Endra mengatakan bandara tersebut kemungkinan belum siap Sebagai dilandasi pesawat jenis Boeing, atau pesawat-pesawat berbadan besar. Supaya, kemungkinan jika terdapat pesawat Boeing Akansegera dialihkan Ke Bandara terdekat IKN, yaitu Ke Balikpapan.
“Bisa (fungsional bandara), bergantung ukurannya (pesawat). Ada yang gede, ada yang kecil. Kalau yang mau pakai Boeing, yang besar ya tidak bisa (dilandasi),” ujar Endra Ke Kantor Kementerian PUPR, Jumat (12/7/2024).
Bandara IKN Pada ini Ditengah dibangun Di Memiliki luas area 347 hektar Di dilengkapi ruang VVIP dan VIP seluas 7.352 m2 dan targetmya dapat menampung 3 pesawat terbang.
Desain Bandara IKN Memiliki panjang runway 3.000 x 45 meter yang dibangun Di Kementerian PUPR Melewati Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Bina Marga. Akansegera tetapi, Ke Pada fungsional runway yang Terbaru bisa digunakan sepanjang 2.200 meter.
Dukungan infrastruktur lainnya adalah pembangunan Apron 470 meter Di total luas 102.150 m2, dan taxiway sepanjang 290 meter Di Biaya Rp4,3 triliun. “Kalau pesawat yang sekarang yang dipakai beliau (Pemimpin Negara) (Airbus) bisa. Kalau yang badan besar itu, misalkan Di UAE, itu kan pesawatnya gede-gede ya, Amerika, tidak bisa,” tutup Endra.
Baca Juga: Proyek IKN Sudah Menelan Uang Negeri Rp83,42 Triliun, Buat Apa Saja?
Bandara IKN berada Ke Kecamatan Penajam atau berjarak Di 23 km Di Titik Nol IKN atau Di 18 menit Di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. Dukungan konektivitas juga telah dikerjakan Kementerian PUPR Di menyelesaikan jalan relokasi sepanjang 4 km.
Progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai Di awal Juni lalu telah mencakup beberapa aspek, Ke antaranya pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal Ke Terminal VVIP; pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja Ke Terminal VIP; pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC; pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional; pekerjaan minipile dan pipa plumbing Ke Gedung PK-PPK; serta pekerjaan struktur atas gedung substation.
Aspek lainnya, pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina; pekerjaan minipile bangunan power house; pekerjaan cut & fill, galian U-ditch, geotextile, agregat Ke Jalan Akses Utama (uditch), Embung, dan Jalan Perimeter Barat; pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP; serta pekerjaan pondasi Tempattinggal dinas.
(nng)
Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pesawat Belum Bisa Mendarat Ke Bandara VVIP IKN, Gimana Nasib Upacara 17 Agustus?