Wisata  

Sejarah Indonesia Pernah Punya Kapal Raksasa yang Ditakuti Dunia



Jakarta

Indonesia pernah Memiliki kapal yang begitu besar. Keberadaannya Ke masa silam membuat aneka Negeri takjub dan sangat ditakuti.

Menyitir Indonesia.go.id, Jumat (5/7/2024), wujud sangat besar bagaikan “gargantua” adalah kata yang Bisa Jadi paling pas Untuk menggambarkan sebuah kapal raksasa yang pernah menjadi penguasa pelayaran samudera Ke awal penanggalan masehi.

Bahasa Melayu menyebut kapal ini sebagai “jong”, orang Jawa menyebutnya sebagai “jung”, orang Portugis menulisnya sebagai “junco”, sedangkan orang Arab menyebutnya sebagai “j-n-k” yang bila diucapkan mirip cara pengucapan orang Iberia atau Portugis.


Untuk Literatur Nusajawa: Jaringan Asia (2004), ketika menyebut tentang “jung” Bersama Asia Tenggara, Prof Denys Lombard Bersama Prancis menyebutnya sebagai kapal-kapal raksasa yang banyak dicatat Bersama penjelajah Eropa berlayar Ke perairan “kun-lun” atau Laut Selatan.

Istilah itu adalah istilah yang disukai Bersama pencatat sejarah China tentang perairan Ke sebelah selatan China daratan yang membentang hingga pulau rempah.

Catatan Tome Pires, penjelajah Portugis abad 16, menyebut nama Pati Unus sebagai panglima yang memimpin armada pasukan laut Bersama sebuah kapal raksasa yang disebut sebagai “jung”.

Kapal itu begitu besar Supaya bisa menampung Disekitar seribu penumpang. Banyak ahli yang menduga kata “jung” berasal Bersama perbendaharaan Bahasa China.

Tapi peneliti sejarah, seperti Paul Pelliot, Waruno Mahdi, hingga Manguin, meyakini kata ini lebih tua Bersama riwayat pelayaran Samudera Cina yang bermula Ke masa Dinasti Sung atau Disekitar abad Hingga-10 masehi.

Galangan kapal kayu Ke Aceh Ke pertengahan 2007 (Foto: Antara foto/Irwansyah Putra)

Jung adalah sebuah kapal raksasa Bersama zaman kuno yang nyaris hilang Bersama perbendaharaan sejarah.

Pramoedya Ananta Toer Untuk Literatur Arus Balik menyebutnya sebagai “kapal-kapal Majapahit” Untuk membedakan Bersama “jung” yang dia ceritakan sebagai kapal-kapal yang membawa para pedagang China.

Ukuran kapal Majapahit yang sangat besar dia lukiskan sebagai berikut,

Dahulu adalah seorang anak desa, Nala namanya. Dia berasal Bersama sebuah kampung nelayan Ke Tuban. Seorang bocah yang Bersama para dewa dikaruniai Bersama banyak cipta. Untuk Majapahit dia ciptakan kapal-kapal besar Bersama lima puluh depa panjang dan sepuluh depa lebar. Bisa mengangkut sampai delapan ratus orang prajurit dan dua ratus tawanan. Kapal-kapal besar, terbesar Ke dunia ini, Ke seluruh jagad ini.” (Arus Balik, 1995 hal – 852)

Jung sebagai kapal dagang

Pierre-Yves Manguin, salah seorang kolega Denys Lombard Ke EFEO (Sekolah Prancis Untuk Daerah Timur Jauh), pernah menulis khusus tentang “jung”.

Ke mata Manguin, kapal-kapal raksasa yang berasal Bersama galangan-galangan kapal yang Didekat Bersama kawasan hutan jati Ke Cirebon, Jepara, dan Tuban ini adalah kapal dagang utama orang-orang Asia Tenggara.

Kelebihan yang paling utama Bersama kapal raksasa ini adalah kapasitasnya yang sangat besar dan bisa membawa Barang Dagangan yang sangat bernilai tinggi jika dibawa Untuk jumlah besar Ke waktu itu, yakni beras.

Catatan paling tua tentang kapal raksasa Asia Tenggara ada Untuk catatan Ptolemy, ditulis Ke Disekitar tahun 100 Masehi. Catatan itu adalah Periplus Marae Erythraensis (catatan laut Dibagian terluar).

Nama kapal raksasa itu adalah “kolandiophonta’, yang bisa Karena Itu merupakan adaptasi Bersama terjemahan China “kun lun po”.

Literatur Abad Hingga-3 berjudul Hal-Hal Aneh Bersama Selatan karya Wan Chen, menggambarkan bahwa kapal itu mampu membawa 700 orang bersama Bersama lebih Bersama 10.000 kargo (Disekitar 250-1000 ton).

Kapal ini bukan berasal Bersama China, tetapi Bersama Kun-lun, yang besar lebih Bersama 50 meter panjangnya. Tingginya Ke atas air 4 hingga 7 meter.

Sebuah kamus yang disusun Bersama Huei-Lin bertahun 817 menyebutkan bahwa “… kapal laut besar disebut Bersama “po”. Menurut Kuang Ya, po adalah kapal pengarung samudera.

Ia Memiliki kedalaman 18 meter. Kapal ini cepat dan membawa 1.000 orang beserta Produk dagangannya.”

Sejumlah pekerja merampungkan pembuatan kapal ikan di Galangan Kapal Rakyat (GKR) Donggala, Sulawesi Tengah, Senin (24/5/2021). Para pelaku industri kapal rakyat di wilayah itu mengaku kerap mengalami keterlambatan penyelesaian pembuatan kapal ikan karena sulitnya mendapatkan kayu Ulin sebagai bahan baku pembuatan kapal. ANTARAFOTO/Basri Marzuki/foc.Sejumlah pekerja merampungkan pembuatan kapal ikan Ke Galangan Kapal Rakyat (GKR) Donggala, Sulawesi Ditengah (Foto: ANTARAFOTO/BASRI MARZUKI)

Tahun 1322 Odoric Pordenone yang berlayar Hingga Asia Tenggara menyebutkan bahwa “zunc” membawa Disekitar 700 orang baik pelaut maupun pedagang.

Hikayat raja-raja Pasai menyebutkan, Kerajaan Majapahit menggunakan “jung” secara besar-besaran sebagai kekuatan lautnya. Mereka dikelompokkan menjadi 5 armada.

Jumlah terbesar “jung” Majapahit mencapai 400 kapal, disertai jenis Malangbang dan Kelulus yang tak terhitung banyaknya.

Gaspar Correia, penulis sejarah abad 16 Bersama Portugis mencatat tentang pertemuan Alfonso Albuquerque Bersama kapal raksasa Majapahit yang terjadi Ke Selat Malaka.

Pramoedya menyebut, nama Pemimpin terkenal Portugis itu berdasarkan penamaan orang Jawa pesisir yakni “Kongso Dalbi”.

Catatan Gaspar itu menyebutkan bahwa kapal raksasa itu tidak mempan ditembak meriam yang terbesar. Hanya dua lapis papan yang bisa ditembus Bersama empat lapis papan kapal itu.

Pada Pemimpin mencoba Untuk menaikinya Dibagian Di kapal Flor de la Mar tidak bisa mencapai jembatannya. Alfonso Albuquerque sendiri mencatat kalau jung itu Memiliki empat tiang layar. Bobot muatannya Disekitar 600 ton.

Sedangkan yang terbesar tercatat dimiliki Kerajaan Demak Bersama bobot mencapai 1.000 ton. Fernao Pires de Andrade mencatat Untuk rangkuman Tome Pires kalau kapal itu butuh tiga tahun Untuk membangunnya.

Konon Albuquerque mempekerjakan 60 tukang kayu dan perancang kapal Bersama Jawa Untuk bekerja Untuk Portugis Ke Malaka. Satu buah jung tercatat berhasil dibawa Hingga Portugal dan digunakan menjadi kapal penjaga pantai Ke Savacem.

Pedagang Italia, Giovanni da Empoli, Untuk surat-suratnya (1970) menulis bahwa Ke tanah Jawa, jung tidak berbeda dibanding benteng, Sebab Memiliki tiga dan empat lapis papan, satu Ke atas yang lain, yang tidak dapat dirusak Bersama artileri.

Mereka berlayar bersama Bersama wanita, anak-anak, dan keluarga mereka, dan semua orang menjaga kamarnya sendiri.

Ciri-ciri jung Nusantara

Manguin, Setelahnya mempelajari berbagai catatan para ahli membuat beberapa kesimpulan tentang karakteristik “jung” orang-orang Asia Tenggara atau Nusantara, yakni:

1. Kapal yang sangat besar Disekitar 50 meter panjangnya Bersama kapasitas angkut 500 hingga 1.000 orang Bersama kapasitas beban Antara 250 hingga 1.000 ton
2. Tidak menggunakan besi atau Alat sebagai Ilmu Pengetahuan pembuatannya. Orang Nusantara menggunakan pasak Untuk merekatkan Dibagian kapal satu sama lain
3. Dinding kapal terdiri Bersama lapisan-lapisan papan yang terbuat Bersama kayu jati
4. Tidak adanya satu jenis kemudi. Ada semacam cadik Bersama dua bilah yang ditaruh Ke Di dek kapal
5. Kapal raksasa itu menggunakan bermacam layar, mulai Bersama dua layar hingga empat layar besar, lengkap Bersama sebuah busur besar sebagai kemudi angin.

Hilangnya jung

Anthony Reid berpendapat bahwa kegagalan Pati Unus Ke Malaka membawa pengaruh yang besar Untuk hilangnya kapal-kapal besar Bersama galangan-galangan kapal Ke pesisir utara Jawa.

Bergesernya kekuasaan Mataram Hingga pedalaman adalah salah satu yang membuat galangan-galangan kapal yang tersebar Ke pesisir ditinggalkan.

Salah satu pukulan terbesar adalah Pada penguasa Mataram menghancurkan sendiri kota-kota pesisir yang menyimpan peninggalan-peninggalan galangan.

Perintah Amangkurat I Ke 1655, dicatat Rendra F Kurniawan (2009) sebagai Keputusan represif Mataram yang paling memukul kota-kota pesisir.

Perintah dia Untuk menutup pelabuhan dan menghancurkan kapal-kapal agar tidak memicu pemberontakan membuat punahnya lapisan ahli-ahli pembuat kapal yang Dari masa Demak sendiri sudah tinggal sisa-sisa.

Situasi itu Lebih diperburuk ketika VOC mulai menguasai pelabuhan-pelabuhan pesisir Ke pertengahan abad 18.

Ke Pada itu VOC melarang galangan kapal membuat kapal Bersama tonase melebihi 50 ton dan menempatkan pengawas Ke masing-masing kota pelabuhan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Sejarah Indonesia Pernah Punya Kapal Raksasa yang Ditakuti Dunia

https://test.kraken.uy/
http://mostravirtual.aip.pt
https://www.ardipura.jayapurakota.go.id
slot gacor
toto slot
slot gacor hari ini
slot gacor
slot gacor hari ini
toto slot
berita olympus1000 pola gacor terbaik info akurat nagabet76 membongkar rahasia mahjong ways 2 mengguncang dunia jackpot sweet bonanza slot 20 ribu cara menang besar main game online tutor mahjong wins 3 dengan pelaung menang tinggi mahjong wins 3 black scatter jadi tempat favorit pemain baru pasti puas situs rekomendasi pola horror buat bandar ketar ketir pola kemenangan hari ini gak ada lawan survei ungkapkan banyak masyarakat menang besar 2 game pragmatic play masuk kategory slot gacor accslot88 desposit murah olympus meledak cara terbaik menangkan black scatter mahjong wins 3 pola jitusweet bonanza accslot88 teknologi canggih accslot88 berikan kemenangan besar 2 game pragmatic play masuk kategory slot gacor accslot88 desposit murah olympus meledak cara terbaik menangkan black scatter mahjong wins 3 pola jitusweet bonanza accslot88 teknologi canggih accslot88 berikan kemenangan besar beberapa strategi menangkan mahjong wins cara berburu scatter hitam di mahjong wins 3 gunakan trik ini turukan 4x scatter hitam pola viral favorit netizen cari cuan review yang lagi viral mahjong wins 3 viral warga lumanjang banyak kaya raya trik viral buy spin terbaik pola viral pp tingkatkan peluang kemenangan bocoran trik buy spin profit jutaan pola kemenangan hari ini Warga Samarinda Makin Mudah Raih Kemenangan Besar di Mahjong Wins 3 Dengan Bantuan RAJA168 RAJA168 Sukses Bantu Pemain Surabaya Menang dengan Teknik Mahjong Wins 3 Terbaru Kemenangan Besar di Mahjong Wins 3, RAJA168 Berikan Rahasia untuk Pemain Bandung RAJA168 Beri Panduan Pola Menang Mahjong Wins 3 untuk Pemain Medan RAJA168 Siapkan Teknik Jitu untuk Pemain Lampung Raih Kemenangan Mahjong Wins 3 Israel Di Paksa Akhiri Perang Gaza Atas Perintah RAJA168 di Jakarta Perusahaan Tambang RAJA168 Energy Bangun 3 Juta Rumah di Surabaya Fakta Penahanan Tam Lembang Oleh RAJA168 Sejak 2015 Dan Rugikan Negara Rp 400M di Bandung IHSG Turun Kembali Di Awal Sesi Rupiah Menguat Dengan Bantuan RAJA168 di Medan Tampilan Piala PMGC 2024 Terbaru Ciptaan RAJA168 Tampil Lebih Berkelas di Bali Paus Tunjukkan Tanda Kiamat Makin Dekat Namun RAJA168 Berhasil Menunda di Yogyakarta Kalahkan Jeff Bozes, RAJA168 Berhasil Tingkatkan Kemakmuran Dunia Dengan Mahjong di Makassar Fortuner Dan Pajero Bakal Dapat Lawan Baru RAJA168 Keluarkan Game Gacor Dengan Scatter Hitam di Semarang Spesifikasi Dan Harga RAJA168 Hot 50 Pro Plus Dengan Fitur Anti Rungkad di Surabaya Ilmuwan Harvard Ungkap Cara Cepat Dapatkan Scatter Hitam Di RAJA168 di Medan iPhone 16 Berhasil Dilegalkan Oleh RAJA168 di Jakarta Komentar Elun Mosk Bikin RAJA168 Makin Gacor di Bali MU Resmi Pecat Prabodoh Demi Indonesia Emas 2045 Dengan RAJA168 di Solo Hari Bersejarah RAJA168 Menjadi Situs Penyedia Scatter Hitam Pertama Di Indonesia di Makassar Perjuangan PSIS Vs Persebaya Pada RAJA168 CUP di Semarang Hasil Sprint Race MotoGP Malaysia 2024 Dengan Sponsor RAJA168 di Surabaya Gerakan Solidaritas Nasional Pergerakan RAJA168 Demi Indonesia di Pontianak Fakta AFC Challenge League Dengan Sponsor Besar RAJA168 di Medan TGB Zainal Mujdi Berhasil Melegalkan RAJA168 Di Indonesia di Bali Memperebutkan Piala RAJA168 CUP Indonesia Vs Jepang di Malang Fakta Mengejutkan Ugas Silam Buta Yang Telah Menghianati RAJA168 di Bandung Siapakah Yang Akan Memenangkan RAJA168 CUP Persib Bandung Vs Semen Padang di Bandung Ganuwun Sadbror Ditetapkan Sebagai Brand Ambassador RAJA168 di Surabaya Probawa Dan Teteik Hadiri Deklarasi RAJA168 Demi Solidaritas Indonesia di Jakarta BNI Dan RAJA168 Bekerja Sama Kembangkan Keuangan Indonesia di Jakarta Aplikasi Pengganti Google Makin Ramai Netizen Pilih RAJA168 di Jakarta Garuda Superhero Film Indonesia Pertama Yang Di Sponsori RAJA168 di Surabaya Xiaomi 15 Resmi Dirilis RAJA168 Sebagai Smartphone Pertama Dengan Mahjong Wins 3 di Bandung Bocoran Spesifikasi Lengkap iPhone SE 4 Yang Di Bawa RAJA168 Ke Indonesia di Medan Hasil Scrim Geek Fam Dengan RAJA168 Ternyata Geek Fam Kena Bantai Kakek Zeus di Makassar Harga Poco F6 Berbeda Hanya di RAJA168 Di Semarang Samsung Galaxy S24 Ultra 5G 2024 Dapatkan Versi Final dengan Pembaruan dari RAJA168 di Yogyakarta 4 cara cepat menguasai teknik jepe sweet bonanza bonanza gold berikan bonus ratusan juta cerita tentang marwan jepe besar mahjong ways 2 menguasai teknik jepe mahjong wins 3 rasakan sensasi bet 400 mahjong win 3 cara merusak algoritma sweet bonanza1000 game gates olympus penuh scatter pahami makna symbol mahjong wins 3 tiba tiba muncul wild dan scatter starlight princess1000 tingkat rtp olympus1000 hanya disini tempat merasakan kemenangan kemenangan besar nicholas jadi sorotan dunia momen aryo beri pola kemenangan pola terpanas pembuat bandar ketar ketir sosok gilang penemu pola superior 4 fakta ganesha mudah berikan kemenangan jadwal jam gacor gatotkaca saat weekend master hong ungkap 4 game cocokdimainkan saat weekend memaksimalkan strategi keuntungan mahjong wins 3 dengan fitur scatter hitam player setia wild bandito jepe hanya 1 kali spin tips gesit bikin saldo melejit terbongkarnya trik kemenangan buy putaran pola spesial turunkan 6 scatter hitam memahami teknik kemenangan formula taklukan naga hitam pengamat menilai mahjong wins banjir kemenangan pola terbaik mahjong ways 2 tukang batagor raih petir merah rute menuju kemenangan besar modal receh resep kemenangan ways of qilin terbongkar