Telok Ukan dan Ketan Gapit, Dua Kudapan Palembang Spesial Pada HUT RI


Palembang

Jelang HUT RI Di Palembang ada kudapan spesial yang hanya muncul setahun sekali. Namanya telok ukan dan ketan gapit yang dibuat Bersama bahan-bahan istimewa.

Perayaan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) begitu meriah Di berbagai Lokasi Indonesia. Tak terkecuali Di Palembang. Di sana muncul pedagang Minuman musiman Di kawasan Jalan Merdeka, Ditengah lain telok abang, telok ukan, dan ketan gepit.

Telok ukan berasal Untuk bahan dasar telur bebek yang dicampur Bersama santan, air, garam, gula dan sedikit kapur sirih serta diberi perwarna hijau Untuk daun pandan. Cara membuatnya, telur bebek dikeluarkan sedikit Untuk cangkang. Lalu bahan-bahan tadi dicampurkan dan dikocok.


Sesudah itu adonan tadi Di masukan Ke Untuk cangkang lagi, ditutup Bersama kayu gabus, dan dikukus hingga masak.

Telok ukan yang hanya ada Di momen Hari Kemerdekaan Di Palembang. Foto: Welly Jasrial Tanjung/detikcom

Satu buah telok ukan dihargai Rp 5.000 per buah. Mencicipi kudapan ini hanya bisa satu tahun sekali Sebab hanya dijual menjelang 17 Agustus.

“Sudah jualan Sebelum tanggal 2 Agustus. Bagi satu telok ukan Rp 5.000. Telok Ukan enak Di makan langsung atau bisa Di makan Bersama bongkol atau nasi,” ujar Yuli.

Menurut Yuli, ia buka Untuk pukul 10.00 WIB hingga malam. Akan Tetapi ada juga pedagang lain yang buka sore Sebab tidak bisa berjualan Di Di area perkantoran Pemkot Palembang.

“Kalau sore mulai ramai yang mencari Minuman ini Sebab hanya ada setahun sekali dan juga hanya sampai 17 Agustus. Kalau hari biasa hanya bawa 50 Telok Ukan tapi kalau weekend bisa membawa 100 butir telok ukan Sebab ramai yang cari,” tambahnya.

Selain telok ukan, ada juga ketan gepit yang juga hanya muncul menjelang 17 Agustus. Ketan gepit terbuat Untuk bahan dasar beras ketan yang dicampur santan ditambah garam. Sesudah masak Di isi Bersama abon ayam atau sapi. Lalu Di bentuk segitiga dan Di kepit menggunakan bambu kecil.

Artikel ini sudah tayang Di detiksumbagsel, “Telok Ukan hingga Ketan Gepit Warnai Persiapan HUT RI Di Palembang”

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Telok Ukan dan Ketan Gapit, Dua Kudapan Palembang Spesial Pada HUT RI