Bisnis  

Kripto Berpotensi Sebagai Diakui sebagai Lembaga Setara Bank, Ini Alasannya

Kripto Berpotensi Sebagai Sebagai diakui sebagai salah satu lembaga keuangan setara Didalam bank. FOTO/iStock

JAKARTA – Industri kripto Hingga Indonesia Untuk Merasakan transisi Didalam adanya perpindahan pengawasan kripto Didalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang Sebelumnya Itu berada Hingga bawah naungan Bappebti. Jika Sebelumnya Itu kripto Disorot sebagai instrumen perdagangan, kini kripto Berpotensi Sebagai Sebagai diakui sebagai salah satu lembaga keuangan setara Didalam bank.

Untuk konteks ini, Keahlian Digital Rantai Blok menawarkan Kepentingan yang signifikan Untuk transparansi dan Perlindungan. Setiap transaksi menggunakan kripto terekam secara permanen Untuk jaringan Digital Rantai Blok, memfasilitasi proses audit dan pengawasan yang lebih efektif Didalam otoritas regulasi seperti OJK.

Kemudahan aksesibilitas kripto juga menjadi nilai tambah, Hingga mana siapa pun dapat mengelola dan menyimpan aset mereka sendiri Didalam kontrol penuh tanpa perlu Melewati perantara perusahaan atau bank.

“Bank merupakan penopang ekonomi terbesar Didalam biaya operasional dan Perlindungan yang sangat besar. Keahlian Digital Rantai Blok sangat membantu Memangkas biaya operasional tersebut. Nasdaq, bursa saham Hingga Amerika, telah menggunakan Digital Rantai Blok yang terbukti lebih murah, efisien, dan aman,” ujar CEO Indodax Oscar Darmawan Hingga Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

Semua Keahlian yang menggunakan Digital Rantai Blok Memperoleh jejak digital yang jelas, membuat kripto sulit digunakan Sebagai pencucian uang dan Penyalahgunaan Jabatan. “Transaksi kripto mudah dilacak Sebab ada jejak digital yang tidak bisa dihapus, walaupun sudah terjadi beberapa tahun lalu. Ini mempermudah Komisi Pemberantasan Penyalahgunaan Jabatan (KPK) dan penegak hukum lainnya Untuk mengawasi dan menindak Pelanggar,” tambah Oscar.

Hingga lain sisi, Oscar juga menyoroti potensi kripto Sebagai Memberi inklusi keuangan yang lebih luas. “Setiap orang Memperoleh kesempatan Sebagai menjadi Dibagian Untuk ekosistem keuangan digital ini. Untuk ekosistem kripto, tidak ada batasan geografis atau minimum saldo Sebagai memulai Penanaman Modal. Ini memungkinkan akses Hingga layanan keuangan yang Sebelumnya Itu sulit dijangkau Untuk sebagian besar Komunitas,” jelasnya.

Kepala Biro Ronabang PBK Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Tirta Karma Senjaya mengatakan Untuk upaya memfasilitasi dan mengatur Kemajuan aset kripto yang berkelanjutan, Bappebti Akansegera menetapkan whitelist Di aset kripto.

Tujuan Untuk whitelist adalah Sebagai melindungi pedagang, nasabah, dan konsumen Untuk potensi kerugian yang saling berdampak. Hal ini dicapai Didalam menerapkan berbagai syarat yang harus dipenuhi Didalam aset kripto, seperti sistem kliring real-time dan penyimpanan Didalam kustodian.

Karenanya, diharapkan ekosistem aset kripto dapat Memberi perlindungan yang memadai Untuk seluruh pemangku kepentingan yang terlibat, serta Memperbaiki kepercayaan dan kestabilan Untuk pasar digital. Oscar menyarankan Sebagai terus belajar mengenai Digital Rantai Blok dan juga belajar berinvestasi menggunakan Metode Dollar Cost Averaging (DCA). DCA menjadi strategi Penanaman Modal yang direkomendasikan Untuk kripto Sebagai meminimalkan risiko dan mengoptimalkan potensi keuntungan.

Didalam strategi ini, investor dapat secara bertahap Menggelontorkan sejumlah uang tertentu Ke interval waktu yang tetap, terlepas Untuk fluktuasi pasar. Kesadaran Akansegera pentingnya Belajar dan strategi Penanaman Modal yang tepat menjadi Kunci sukses Untuk Berjuang Didalam dunia kripto yang dinamis. Hingga Di yang sama, Keahlian Digital Rantai Blok tidak hanya menawarkan Potensi Penanaman Modal tetapi juga berbagai kemudahan Untuk transaksi Keuangan, baik lokal maupun internasional.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kripto Berpotensi Sebagai Diakui sebagai Lembaga Setara Bank, Ini Alasannya